7 Tips Mudik Dengan Rental Mobil Bekasi

Mudik atau pulang kampung merupakan sebuah tradisi yang sudah lama berkembang dan turun temurun terjadi di Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Pada momentum ini banyak orang berbondong-bondong kembali ke daerah aslinya atau tanah kelahirannya dengan tujuan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama seluruh anggota keluarga. Saat ini banyak sekali sarana transportasi yang bisa dipilih sebagai angkutan mudik mulai bis umum, bus khusus mudik dari perusahaan, kereta api, pesawat terbang, hingga menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

Bagi anda yang berada di sekitar bekasi, ada pula pilihan lain untuk pulang kampung yakni dengan menggunakan mobil rentalan. Anda bisa menemukan banyak rental mobil bekasi yang menyediakan mobil-mobil yang cocok untuk perjalanan mudik anda dan keluarga. Hal ini bisa jadi alternatif terbaik bila anda tidak mendapatkan tiket kendaraan umum maupun tidak memiliki mobil pribadi. Pilihan menggunakan sepeda motor juga tidak direkomendasikan untuk perjalanan jauh karena cenderung rawan dalam perjalanan. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan mobil sewaan, berikut ini hal yang bisa anda persiapkan :   

  1. Lama Liburan

Hal pertama yang harus anda pastikan adalah berapa lama anda akan berada di kampung halaman, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan pergi-pulang.  Hal ini tentu harus anda pastikan karena akan memengaruhi biaya yang harus anda keluarkan untuk menyewa kendaraan di rental mobil bekasi.  Oleh karena itu, anda harus merencanakan dengan baik agar tidak keluar dari dana yang anda sediakan. Semakin lama anda berlibur di kampung halaman tentu akan semakin tinggi biaya sewa yang harus anda bayarkan.

Liburan lebaran sering kali merupakan momentum libur panjang. Selain kebersamaan di hari, liburan lebaran juga sering menjadi ajang berjalan-jalan ke tempat-tempat wisata bersama keluarga besar. Sering kali liburan bersama setelah lebaran akan memakan waktu lebih dari sehari sembari menikmati waktu bersama tersebut.

  1. Jenis Mobil Yang Tepat

Selanjutnya anda juga harus memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda selama perjalanan mudik. Bila anda merencanakan perjalanan dengan seluruh anggota keluarga, mobil bertipe SUV atau APV adalah pilihan yang tepat. Mobil-mobil jenis ini juga cocok bila anda membawa banyak barang. Mobil bertipe tersebut banyak tersedia di rental mobil bekasi. Selain itu, mobil-mobil ini bisa menampung hingga 7 penumpang sehingga saat di kampung halaman anda bisa membawa banyak anggota keluarga untuk berjalan-jalan.

Namun jika anda ingin mengedepankan kenyamanan dan barang bawaan yang sedikit, kendaraan berjenis city car bisa menjadi alternatif. Selain tidak memakan banyak tempat parkir, mobil jenis ini cenderung hemat bahan bakar. Namun mobil city car tidak cocok untuk medan ekstrem. Kendati demikian, mobil jenis ini bisa berguna di jalan-jalan kecil dan sempit.

  1. Sewa Di Waktu yang Tepat

Kapan anda harus mulai menyewa kendaraan? Mendekati hari raya Idul Fitri, stok mobil di rental mobil bekasi tentu akan menipis. Hal ini disebabkan oleh banyaknya permintaan mobil sewaan yang akan digunakan untuk pulang kampung. Oleh karena itu, ada baiknya anda memesan kendaraan yang anda butuhkan jauh-jauh hari bahkan sejak awal masa puasa. Hal ini tentu akan membuat anda lebih tenang karena telah memastikan adanya kendaraan untuk mudik.

Usahakan untuk tidak memesan atau mencari mobil rentalan secara mendadak. Hal ini akan membuat anda kesulitan sebab jumlah mobil yang tersedia tentu semakin sedikit. Selain itu, harga sewanya tentu akan melambung dan akan semakin banyak menguras isi dompet anda.

  1. Harga Sewa

Harga sewa menjadi salah satu pertimbangan penting anda untuk menggunakan mobil rental. Mendekati hari-H Lebaran tentu harga yang ditawarkan oleh berbagai rental mobil bekasi mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan mobil untuk pulang kampung. Untuk menghemat pengeluaran anda dalam biaya operasional mobil, anda bisa jauh-jauh hari memesan kendaraan tersebut. Selain untuk memastikan ketersediaan kendaraan, anda juga bisa mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan.

Banyak rental mobil yang menyediakan paket lebaran dengan harga yang lebih miring. Umumnya pihak rental akan memberikan paket khusus untuk mudik dengan durasi 5, 7, 10, maupun 14 hari dengan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan bila anda menggunakan hitungan harian.  Anda juga harus memastikan biaya overtime atau keterlambatan pengembalian bila terjadi halangan atau kendala pada saat anda berlibur yang membuat anda tidak bisa mengembalikan kendaraan tepat waktu.

  1. Kondisi Kendaraan

Setelah anda memastikan kapan anda akan berangkat, maka sebaiknya h-1 sebelum keberangkatan anda bisa kembali mengunjungi rental mobil bekasi yang telah anda pilih. Biasakan untuk membuat janji terlebih dulu dengan pengelola agar anda bisa mengecek kondisi kendaraan yang akan anda gunakan. Hal ini tentu berguna untuk meminimalisir berbagai kendala yang mungkin terjadi selama perjalanan pulang kampung anda. Jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin, oli, hingga bagian dalam seperti kondisi AC dan kebersihan kendaraan.

Dengan pengecekan ini anda akan yakin bahwa mobil yang akan anda gunakan dalam kondisi yang baik dan nyaman. Hal ini juga akan berguna bila ternyata kondisi mobil menurut anda tidak layak jalan, maka masih ada waktu untuk mengajukan pergantian mobil. Dengan demikian anda akan mendapatkan mobil yang lebih layak jalan sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Dengan atau Tanpa Sopir

Salah satu hal yang harus anda pastikan adalah apakah anda akan memanfaatkan jasa sopir atau akan anda kendarai sendiri. Jika anda membutuhkan jasa sopir, anda bisa berkonsultasi dengan pengelola rental mobil bekasi untuk memastikan ketersediaan  sopir yang bisa anda bawa pada jangka waktu liburan yang anda butuhkan. Kebanyakan sopir dari rental mobil biasanya bersedia untuk durasi pendek antara 1-5 hari saja. Hal ini tentu harus anda pertimbangkan sebab keberadaan sopir tentu akan menambah pengeluaran anda baik untuk fee sopir, maupun konsumsi dan akomodasinya selama menemani perjalanan anda.

Keberadaan sopir tentunya akan sangat membantu anda selama perjalanan. Jika untuk perjalanan yang cukup jauh, maka anda bisa bergantian dengan sopir tersebut untuk mengemudi. Selain itu, sopir tersebut juga bisa membantu dengan cekatan bila terjadi permasalahan pada kendaraan yang anda bawa.

  1. Bahan Bakar Kendaraan

Bahan bakar kendaraan menjadi hal  penting yang tidak boleh anda lewatkan. Setiap kendaraan tentu membutuhkan bahan-bakar untuk dapat beroperasi. Sejak awal anda harus berkomunikasi dengan pihak pengelola tentang bahan bakar yang telah ada di dalam mobil pada saat anda bawa, dan jumlah yang harus tersedia ketika anda kembalikan. Pihak rental sering kali menerapkan sistem full tank, dimana anda akan membawa mobil dalam kondisi bahan bakar penuh dan harus kembali pada kondisi penuh pula. Hal ini tentu harus anda patuhi, sebab pihak pengelola akan menerapkan denda sesuai kekurangan bahan bakar yang tidak anda penuhi.