Rental Mobil Bogor

Kota Bogor sebagai kota terdekat dari ibukota Jakarta, dan lokasi kebun raya Bogor dan istana Bogor yang menjadi kediaman Kepala Negara, yang juga menjadi destinasi wisata favorit, dengan aneka destinasi wisata kulinernya juga yang tersebar di berbagai sudut kotanya, membuat Bogor menjadi kota yang selalu menarik untuk dijelajahi, dan akan senantiasa membutuhkan tingkat mobilitas yang tinggi. Baik itu untuk kepentingan wisata maupun untuk kepentingan pekerjaan. Sehingga rental mobil Bogor juga cukup tinggi permintaannya.

Tips Memilih Mobil Sewaan

Dalam memilih mobil sewaan, perhatikan kondisi mobil yang akan disewa, yakni apakah dalam kondisi yang prima dan layak pakai, yang baik kondisinya dan lengkap, serta juga bersih, dan dapat berjalan baik tanpa kendala, demikian pula dengan surat-suratnya apakah lengkap juga atau tidak dan lain sebagainya. Namun sebelum itu tentukan terlebih dahulu jenis dan kapasitas mobil yang akan disewa sesuai dengan jumlah rombongan dan tujuan pilihan destinasi wisatanya, demikian pula dengan jangka waktu peminjamannya, karena hal tersebut akan menentukan tarif harga sewanya, yakni apakah mau hingga sampai 10 jam atau hingga seharian penuh selama 24 jam atau hingga selama tiga hari atau lebih dan lain sebagainya. Juga apakah mobil tersebut akan disewa berikut dengan drivernya atau akan dikemudikan sendiri tanpa driver, disewa secara lepas kunci, dan lain sebagainya yang akan menentukan juga besar kecilnya tarif harga sewanya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Demikian pula dengan persyaratannya, akan lebih banyak persyaratan yang akan diminta oleh pihak rental jika ingin menyewa mobil secara lepas tangan, yakni antara lain harus adanya SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan lain sebagainya, akan lebih mudah persyaratannya jika sewa mobil dilakukan berikut dengan sewa drivernya. Pahami juga mengenai syarat dan ketentuan dalam menyewa mobil tersebut yang bisa jadi dapat berbeda-beda antara satu perusahaan jasa sewa mobil yang satu dengan yang lainnya. Termasuk juga ketentuan jika terjadi kecelakaan misalnya, yakni mengenai pihak siapa yang akan menanggung biaya perbaikannya dan hingga seberapa besar biaya ganti ruginya, lalu juga jika terjadi pemakaian mobil yang melebihi durasi batas waktu jam sewanya, yakni berapa persen tarif overchargenya, biasanya adalah sekitar sebesar 10% per jamnya, dan syarat serta ketentuan lainnya. Pilihlah juga untuk menyewa mobil dari perusahaan sewa mobil yang sudah terkenal memiliki reputasi yang baik, sehingga akan memudahkan dan transaksi sewanya dapat berjalan secara lancar dan nyaman. Hal tersebut patut dipertimbangkan juga selain faktor tinggi rendahnya tarif harga biaya sewanya.

Cara Rental atau Sewa Mobil

Sekarang ini untuk menyewa mobil dapat dilakukan dengan dua cara, yakni sewa mobil dengan cara konvensional yang sudah lazim dan telah dikenal selama ini seperti biasanya, yakni secara offline dan sewa mobil dengan secara online. Jika ingin menyewa atau rental mobil secara offline maka bisa dengan menelepon terlebih dahulu kontak perusahaan jasa penyewaan mobil offline yang ada, atau mendatangi langsung lokasi kantor tempat sewa, kemudian memilih mobil yang akan disewa, yang meliputi merk, jenis dan juga kapasitasnya sesuai kebutuhan dan selera, lalu melengkapi persyaratan-persyaratannya. Bisa juga memesan mobil yang akan disewa lalu mobil akan diantar ke tempat yang sudah disepakati, yakni dapat diantar untuk menjemput di bandara, di stasiun kereta api, atau di hotel tempat menginap dan lain sebagainya. Sedangkan jika ingin menyewa mobil secara online maka dapat dilakukan dengan mengunduh atau mendownload lebih dulu aplikasinya atau bisa juga dengan mengakses laman webnya, lalu daftar atau registrasi serta lengkapi persyaratannya, kemudian melalui aplikasi atau web tersebut bisa dilakukan sewa mobil yang tersedia yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera, berikut dengan simulasi harga tarif sewanya.

Keuntungan Menyewa Mobil Saat Berwisata di Bogor

Dengan menyewa mobil sendiri, seperti dengan menyewa mobil yang berkapasitas besar maka rombongan hingga 7 sampai belasan orang bisa menjelajahi Bogor bersama-sama dengan secara lebih leluasa dan fleksibel jadwalnya. Tanpa tergantung pada jadwal dan jam yang kaku, demikian pula dengan pilihan destinasi wisatanya, bisa dipilih sesuai selera dan dapat diganti sewaktu-waktu dengan lebih fleksible dengan cepat dan mudah, mengingat banyak sekali destinasi wisata kuliner maupun wisata alam yang bisa dipilih untuk dikunjungi di Bogor tersebut, demikian pula dengan pilihan waktunya, akan lebih fleksibel sesuai keinginan rombongan, yakni apakah mau lebih lama atau lebih singkat berada di suatu lokasi destinasi wisata. Pertimbangkan juga untuk menyewa mobil berikut dengan driver pengemudinya dan juga sudah termasuk dengan BBM bensinnya, karena driver atau pengemudi kadang bisa juga sebagai guide pemandu wisata yang akan dapat merekomendasikan tempat-tempat wisata baik itu untuk mencicipi kulinernya atau menikmati pemandangan alamnya, atau tempat-tempat belanja souvenir untuk oleh-oleh khas di Bogor yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Driver atau pengemudi tersebut biasanya juga sudah hafal rute jalan dan juga mengerti benar tentang seluk-beluk kota Bogor.

Hal-hal yang Mempengaruhi Biaya Sewa Mobil

Adapun hal-hal yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya biaya sewa mobil itu antara lain adalah sebagai berikut ini.

Jenis dan Kapasitas serta Harga Beli atau Merk Mobilnya

Jenis mobil bertransmisi automatik akan lebih mahal biaya sewanya daripada jenis mobil manual. Jika menyewa mobilnya berikut dengan driver pengemudinya maka bisa dipilih sewa mobil jenis manual yang akan lebih murah tarif harga sewanya. Namun jika ingin menyewa mobil secara lepas kunci, untuk dikemudikan sendiri, maka pertimbangkan untuk menyewa jenis mobil bertransmisi otomatis atau matic karena akan lebih mudah dikendarai, tapi semua itu tergantung juga pada kebiasaan mengemudinya, bagi yang sudah terbiasa mengendarai mobil manual maka akan lebih mudah penyesuaiannya jika menyewa mobil manual juga, demikian pula sebaliknya, bagi yang telah terbiasa mengendarai mobil matic maka akan lebih sulit dan perlu waktu penyesuaian jika ingin mengendarai mobil sewa jenis manual. Kapasitas mobil juga berbeda-beda, yakni mulai dari mobil yang berkapasitas kecil, seperti semacam city car hingga ke mobil dengan kapasitas yang sedang dan besar, seperti minibus hingga bis besar. Hal lain lagi yang menentukan harga sewa adalah juga harga beli mobilnya karena untuk jenis dan kapasitas yang sama bisa berbeda harga belinya jika merk mobilnya berbeda pula.

Durasi Jangka Waktu Sewa Mobil

Hal lain yang menentukan harga atau tarif sewa mobil itu adalah tentu saja durasi, jangka waktu sewanya. Semakin lama durasi jangka waktu sewa mobil, maka akan semakin besar harga sewanya, namun bisa lebih murah perhitungan tarif sewa per jamnya.  Biasanya penyedia jasa sewa mobil akan memberikan beberapa paket durasi jangka waktu sewa mobil dalam bentuk beberapa paket durasi waktu sewa. Ada paket short time atau jangka pendek, yakni sekitar per 15 menit misalnya, lalu ada paket medium atau jangka sedang yakni tarif sewa mobil per jam atau per 10 jam atau per 12 jam, atau sewa mobil harian per 24 jam, dengan pengenaan overcharge jika penggunaan melebihi batas waktu sewanya, dan lalu juga ada paket long term atau jangka panjang.

Cara Sewa dan Waktu Sewa Mobil

Menyewa mobil secara lepas kunci, dikemudikan sendiri, akan lebih murah tarif sewanya jika dibandingkan dengan jika menyewa mobil berikut dengan driver pengemudinya. Sewa mobil berikut dengan pengemudinya biasanya juga sudah termasuk dengan biaya BBM bensinnya. Sedangkan harga sewa mobil pada saat weekend di hari Sabtu Minggu atau tanggal merah saat hari libur biasanya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan tarif sewa mobil saat hari weekdays atau hari kerja biasa.

Demikianlah pembahasan mengenai rental mobil Bogor.