rental mobil depok

Tips Nyaman Mudik Dengan Mengendarai Mobil Sendiri

Salah satu cara favorit yang menjadi pilihan pada saat mudik hari raya Idul Fitri adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Melihat kondisi fasilitas transportasi saat ini yang sangat lengkap membuat jalur transportasi darat menjadi pilihan masyarakat luas. Kondisi jalan yang membaik, serta fasilitas tol yang membuat perjalanan semakin cepat membuat opsi ini banyak diminati.

Untuk memudahkan opsi ini anda bisa memanfaatkan ketersediaan rental mobil depok yang menyediakan banyak model kendaraan roda empat yang bisa anda pilih. Keberadaan jasa ini bisa menjadi pilihan tepat terlebih bila anda tidak memiliki kendaraan pribadi dan tidak mau repot mencari tiket kendaraan umum seperti kereta atau pesawat terbang. Selain itu membawa kendaraan sendiri juga membuat anda lebih fleksibel untuk membuat rencana liburan yang mengesankan. Berikut ini tips mudik bagi anda yang hendak mengendarai mobil sendiri :

  1. Persiapkan Kondisi Mobil

Baik mobil pribadi maupun mobil sewaan, anda tentu harus memastikan kondisi kendaraan yang anda bawa. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa memastikan dengan melakukan general check up kondisi kendaraan serta pengecekan pada kaki-kaki mobil. Anda juga perlu memeriksa kondisi fasilitas seperti pendingin ruangan, kelistrikan, dan audio visual yang tentunya akan mendukung perjalanan anda.

Jika anda menggunakan kendaraan sewaan di rental mobil depok, anda juga bisa memastikan kondisi kendaraan sebelum anda membawa kendaraan tersebut. Komunikasi yang baik dengan pengelola rental bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memastikan kondisi kendaraan. Memesan kendaraan jauh-jauh hari juga menjamin anda bisa mengetahui kondisi kendaraan yang akan anda sewa. Dengan mempersiapkan kendaraan pada kondisi terbaik tentu akan menjamin kenyamanan anda selama berkendara.

  1. Jumlah Penumpang dan Barang Bawaan

Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi sering kali membuat anda ingin membawa banyak barang pribadi maupun oleh-oleh bagi keluarga di kampung halaman. Oleh karena itu anda harus memastikan kapasitas kendaraan untuk membawa seluruh penumpang dan barang bawaan tersebut. Jika barang bawaan yang akan anda bawa cukup banyak, tentu akan memakan ruangan kabin cukup banyak. Kondisi yang penuh sesak dengan barang akan mengurangi kenyamanan baik untuk anda sebagai pengemudi dan juga penumpang yang ada di dalam mobil. Oleh karena itu, alangkah bijaknya bila anda bisa memilah barang-barang yang bisa anda tinggalkan. Mengurangi oleh-oleh yang akan dibawa serta barang-barang pribadi seperti baju ganti juga bisa membantu anda memaksimalkan ruang dalam mobil. Semakin banyak ruang gerak di dalam mobil, tentu akan membuat perjalanan jauh anda dan keluarga menjadi semakin nyaman.

  1. Tempat Makanan dan Minuman

Dalam perjalanan tentu anda ingin segera sampai tujuan. Meminimalisir berhenti selama perjalanan tentunya akan membuat waktu perjalanan anda semakin singkat. Menyediakan makanan ringan, roti, dan minuman dalam tempat khusus bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempatkan makanan dan minuman tersebut pada wadah khusus yang mudah dijangkau dan tidak memakan banyak ruang. Selain agar mudah dibuka-tutup, wadah khusus ini juga akan meminimalisir sampah yang berserakan karena bungkus makanan yang anda sediakan. Hal ini juga akan sangat berguna bila anda melewatkan waktu makan karena berada di tengah perjalan.

  1. Buat Playlist musik Yang Menyenangkan

Untuk menunjang perjalanan anda, musik bisa menjadi pilihan pembangkit suasana. Buatlah playlist musik yang menyenangkan dan memberikan nuansa positif untuk menemani perjalanan anda. Suasana di perjalanan sering kali membuat jenuh dan membosankan, terlebih bila para penumpang yang anda bawa tertidur lelap. Kemacetan terutama memasuki kota-kota besar juga menjadi salah satu alasan yang membuat suasana berkendara menjadi tidak menyenangkan. Oleh karena itu musik bisa menjadi pembangun suasana yang baik untuk menaikan semangat anda selama berkendara. Persiapkan lagu-lagu yang anda suka dan memiliki nuansa yang positif agar anda bisa menikmati suasana meskipun di tengah kemacetan.

  1. Bantal Mobil akan Sangat Membantu

Sandaran yang tersedia pada kendaraan sering kali kurang mendukung untuk leher anda selama berkendara. Menambahkan bantal mobil tentu akan menambah kenyamanan anda saat berkendara. Keberadaan bantal ini akan membuat leher anda mendapat posisi yang lebih nyaman, sehingga tidak cepat pegal dan lelah. Dengan bantuan bantal leher ini anda bisa merasa nyaman ketika bersandara sebentar di tengah kemacetan jalan. Anda juga bisa menyesuaikan posisi duduk yang lebih santai dan dengan sandaran yang lebih dekat agar anda bisa mengemudi dengan nyaman dan tidak mudah lelah.

  1. Uang Kecil dan E-Toll

Selama perjalanan anda akan membutuhkan uang-uang kecil untuk berbagai kebutuhan di jalan. Saat ini anda akan menemukan banyak “pak ogah” yang sering ikut mengatur kendaraan terutama di persimpangan-persimpangan jalan yang ramai. Siapkan pula biaya untuk tol serta kartu pembayaran tol yang akan memudahkan dan mempercepat akses perjalanan anda di gerbang tol. Jangan lupa untuk mengisi saldo kartu pembayaran tol anda agar tidak merepotkan anda di gerbang tol. Anda bisa melakukan pengisian melalui transfer rekening maupun melalui minimarket.

  1. Siapkan Charger Smartphone

Salah satu penunjang perjalanan adalah dengan memanfaatkan smartphone. Anda tentu tidak boleh menggunakan smartphone selama mengemudi, namun ketika beristirahat anda tentu akan membuka alat komunikasi anda tersebut. Entah untuk membalas percakapan, masalah pekerjaan, maupun untuk sekedar bermain game. Anda tentu tidak ingin smartphone anda dalam keadaan mati ketika anda ingin menggunakannya. Oleh karena itu anda bisa menyediakan charger khusus yang bisa dicolokan pada dashboard mobil, sehingga anda bisa mengisi daya smartphone anda selama perjalanan.Saat ini banyak kendaraan di rental mobil depok telah tersedia port untuk kebutuhan pengisian daya untuk smartphone maupun barang elektronik lainnya.

  1. Tentukan Titik-Titik Beristirahat

Berkendara dalam waktu yang lama tentu akan membuat tubuh anda merasa lelah, fokus berkurang, dan pegal-pegal. Pada masa mudik, umumnya banyak titik-titik peristirahatan yang disediakan oleh pemerintah, lembaga-lembaga, serta komunitas relawan. Anda bisa menemukan titik-titik ini di berbagai wilayah yang anda lewati. Anda bisa menentukan di daerah mana saja anda akan beristirahat, setidaknya setiap 2-3 jam berkendara.

Memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan dalam kondisi badan yang tidak maksimal tentu akan sangat beresiko. Anda perlu mengingat bahwa yang terpenting bukan semakin cepat anda tiba di tujuan anda, namun anda tiba dengan selamat dan dapat bertemu dengan keluarga besar. Terlebih jika anda merasa mengantuk, tidur 1-2 jam atau dengan metode coffee nap (meminum kopi sesaat sebelum tidur) dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Jika anda tidak ingin repot-repot mempersiapkan kendaraan yang layak dan siap untuk perjalanan mudik, anda bisa memilih untuk menyewa kendaraan melalui rental mobil depok. Selain adanya banyak pilihan jenis kendaraan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan mudik, anda juga bisa memilih kendaraan yang kompeten untuk melewati berbagai jenis medan. Hal ini sangat penting terutama bila daerah yang anda tuju mengharuskan anda melewati rute yang ekstrem seperti tanjakan dan kelokan tajam, bahkan jalan-jalan kecil yang rusak.